Membongkar Miskonsepsi Tentang Komunitas Belajar dan Platform Merdeka Mengajar

Guru-guru yang terhormat serta kepala sekolah yang inspiratif.

Berhembus kabar yang mungkin menimbulkan kerut di dahi Anda seputar Komunitas Belajar (Kombel) di sekolah kita tercinta. Ada asumsi yang beredar luas bahwa untuk memberikan sertifikat yang mendukung Rencana Hasil Kerja (RHK), Kombel harus terintegrasi dengan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Namun, tahukah Anda faktanya?

Miskonsepsi Kombel

Mari kita luruskan bersama! Kombel itu ibarat taman bermain bagi para guru, tempat dimana kita saling memberikan inspirasi, menukar pengalaman, dan tentu saja, meningkatkan kompetensi kita. Inti dari Kombel adalah untuk membina kemajuan bersama, bukan sekedar mencari cap atau pengakuan formal.

Jadi, jika ada yang menyatakan Kombel harus berkolaborasi dengan PMM untuk menciptakan sertifikat, itu tidak sepenuhnya benar. Kombel yang berada di dalam lingkungan pendidikan kita sudah memiliki otonomi untuk berkembang dan berinovasi, termasuk dalam hal pengelolaan dan pengakuan pembelajaran yang telah dilakukan.

Apresiasi terhadap upaya dan prestasi kita tidak terbatas oleh aturan administratif. Sertifikat yang merupakan simbol penghargaan atas dedikasi dan perkembangan Anda, bisa dikeluarkan oleh Kombel itu sendiri! Ya, Anda tidak salah baca. Sertifikat tersebut sah dan legit, ditandatangani oleh Ketua Komunitas yang dipilih oleh Kepala Sekolah yang telah kita percaya untuk memimpin.

Inilah esensi dari komunitas belajar yang sesungguhnya – memperkuat fondasi edukasi melalui kerjasama guru yang tanpa batas, bukan dikukuhkan oleh aturan atau platform tertentu.

Untuk lebih jauh mengeksplorasi kasus ini, silahkan kunjungi halaman guru.kemdikbud.go.id, dimana Anda akan menemukan sea of knowledge – samudera pengetahuan yang membantah miskonsepsi ini dengan fakta-fakta yang melegakan.

Kepada semua pendidik yang dengan setia menabur benih ilmu, mari kita garda terdepan dalam menerapkan praktik baik pendidikan. Karena pada akhirnya, kualitas dunia pendidikan ada di tangan kita.

Teruslah menjadi pembelajar sejati!

Sumber: https://guru.kemdikbud.go.id/artikel/858

Semoga bermanfaat.
Salam Inovasi Salam Implementasi

Posting Komentar untuk "Membongkar Miskonsepsi Tentang Komunitas Belajar dan Platform Merdeka Mengajar"