PMM Jangan Jadi Beban Administrasi

PMM Jangan Jadi Beban Administrasi

Dalam pemandangan pendidikan yang selalu berkembang, guru dan kepala sekolah terus mencari cara untuk mempertajam keahlian serta meningkatkan kinerja mereka. Platform Merdeka Mengajar (PMM) sebuah sistem aplikasi canggih yang diciptakan sebagai kompas pembimbing untuk para pengajar di era modern.

Tegas dalam Surat Edaran Dirjen GTK Nomor 0559/B.B1/GT.02.00/2024 menyebutkan:

Sistem aplikasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan alat bantu yang disediakan bagi guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas kinerja dan kompetensi secara berkelanjutan. Sebagai alat bantu, fitur-fitur dalam PMM seperti Pelatihan Mandiri, Refleksi Kompetensi, Bukti Karya, dan Komunitas tidak bersifat wajib, tidak memiliki tenggat waktu, dan bukan merupakan pekerjaan administrasi tambahan bagi guru maupun kepala sekolah. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) mengharapkan guru dan kepala sekolah mendapatkan nilai tambah dari PMM dalam keseharian menjalankan tugas

Platform yang Memahami Kebutuhan Pendidik

PMM bukan hanya sekedar platform; itu adalah visi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) yang telah diproyeksikan ke dalam realitas digital. Pada surat edarannya Dirjen GTK Nomor 0559/B.B1/GT.02.00/2024 menjelaskan bahwa fitur-fitur yang ditawarkan oleh PMM seperti Pelatihan Mandiri, Refleksi Kompetensi, Bukti Karya, dan Komunitas dirancang untuk memberdayakan, bukan untuk memberatkan.

Pelatihan Mandiri: Peningkatan Kompetensi di Ujung Jari Anda

Melalui Pelatihan Mandiri, PMM menyediakan kesempatan emas bagi para guru untuk mengembangkan diri pada tempo yang sesuai bagi mereka. Tanpa paksaan atau tenggat waktu yang ketat, pembelajaran menjadi perjalanan penemuan yang menyenangkan dan produktif.

Refleksi Kompetensi: Cerminan Diri untuk Pertumbuhan Profesional

Refleksi Kompetensi adalah fitur yang memungkinkan guru dan kepala sekolah untuk melihat gambaran kompetensi mereka saat ini dan bagaimana mereka dapat berkembang. Ini seperti memiliki pelatih pribadi yang sesungguhnya, menunjukkan potensi dan kesempatan unik untuk berkembang.

Bukti Karya: Dokumentasi Perjalanan Pendidikan Yang Berarti

Bukti Karya bukan hanya tentang apa yang telah diajarkan, tapi juga tentang perjalanan dan pencapaian. Ini merupakan sarana dokumentasi yang efektif untuk menunjukkan pertumbuhan dan pencapaian dalam pendidikan, tanpa menjadi beban administratif.

Komunitas: Kolaborasi untuk Inovasi

Dan mungkin yang terpenting, PMM menyediakan ruang bagi Komunitas—tempat di mana guru dan kepala sekolah dapat berkolaborasi, berbagi, dan belajar satu sama lain. Komunitas ini menawarkan sumber inspirasi yang tak ada habisnya serta dukungan sesama yang kuat.

Lebih dari Sekedar Aplikasi

Apa yang membuat PMM menonjol adalah filosofinya yang sangat berfokus pada pengguna itu dirancang untuk memberi nilai tambah, bukan tugas tambahan. Ini adalah perwujudan dari dukungan pemerintah yang kuat dan komitmen untuk penciptaan lingkungan belajar yang inklusif dan dinamis bagi pendidik.

Di PMM, guru dan kepala sekolah bukan hanya pengguna aplikasi; mereka adalah pelaku perubahan yang mendapat kekuatan dari teknologi untuk memajukan pendidikan. Ini bukan hanya tentang 'mengajar'; ini tentang 'merdeka untuk mengajar'—dengan pendekatan yang terpersonalisasi, yang berkelanjutan, dan yang paling penting, yang bersemangat.

Semoga bermanfaat.
Salam Inovasi Salam Implementasi

Daftar Pustaka:
Surat Edaran Dirjen GTK Kemdikbud Ristek. Nomor 0559/B.B1/GT.02.00/2024.

Posting Komentar untuk "PMM Jangan Jadi Beban Administrasi"