Apa Itu Fitur Pengelolaan Kinerja ?

Pengelolaan Kinerja di Platform Merdeka Mengajar (PMM) adalah layanan teknologi pengelolaan kinerja bagi guru dan kepala sekolah yang terintegrasi dengan aplikasi e-Kinerja yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Fitur ini bertujuan untuk membantu guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kinerjanya secara mandiri. Selain itu, PMM juga diharapkan menjadi alat bantu bagi kepala sekolah dalam melakukan penilaian kinerja guru.

pengelolaan kinerja di PMM

Berikut beberapa poin penting tentang Pengelolaan Kinerja di PMM:

1. Tujuan Utama :

  1. Pengelolaan Kinerja pada PMM dirancang untuk memudahkan guru dan kepala sekolah dalam menentukan sasaran kinerja yang lebih kontekstual sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan dan pengembangan karir.
  2. PMM beroperasi dengan mengintegrasikan sistem informasi aparatur sipil negara (ASN) dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

2. Perbedaan dengan e-Kinerja:

  1. Meskipun sistemnya terintegrasi satu sama lain, e-Kinerja BKN dan pengelolaan kinerja di PMM memiliki perbedaan.
  2. Pada PMM, perencanaan kinerja diselaraskan dengan prioritas Rapor Pendidikan tingkat satuan pendidikan.
  3. Pelaksanaan kinerja dilakukan mengikuti periode semester (6 bulan) disertai pengumpulan bukti digital yang lebih sederhana.
  4. Dalam platform ini juga bisa dilihat pencapaian kinerja untuk mendukung capaian pembelajaran peserta didik.

3. Cara Menggunakan Pengelolaan Kinerja di PMM:

  1. Untuk mengakses fitur pengelolaan kinerja di PMM, pengguna harus memiliki akun belajar.id yang aktif.
  2. Pastikan bahwa data guru terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
  3. Tahapan yang harus dilakukan pada pengelolaan kinerja di PMM antara lain perencanaan kinerja, pelaksanaan kinerja, dan penilaian kinerja. Ketiga hal tersebut perlu dilakukan setiap enam bulan sekali.

Dengan menggunakan Pengelolaan Kinerja pada PMM, guru dapat memilih praktik pembelajaran yang relevan dan memilih kegiatan pengembangan kompetensi sesuai preferensi, serta memantau dan mengevaluasi kinerja mereka dalam melaksanakan kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat.
Salam Inovasi Salam Implementasi

Daftar Pustaka :

Kemdikbudristek.(2024).Tentang Pengelolaan Kinerja – Merdeka Mengajar. (Online). Tersedia: https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/26036960026905-Tentang-Pengelolaan-Kinerja.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Fitur Pengelolaan Kinerja ?"